Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Pengertian dan Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer

Terkadang pada sebuah jaringan komputer memiliki kerentanan tertentu sehingga mudah untuk para peretas membobol jaringan tersebut. Maka dari itu perlu adanya keamanan yang tinggi seperti memasang Firewall. Nah, berikut ini saya akan memberikan sebuah materi tentang pengertian dan fungsi Firewall, serta beberapa cara kerja Firewall.


Pengertian Firewall

Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang memberi otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggap aman untuk melaluinya dan melakukan pencegahan terhadap jaringan yang dianggap tidak aman.

Firewall dapat berupa perangkat lunak atau perangkat keras yang menyaring lalu lintas jaringan antara jaringan. Perlindungan dengan Firewall adalah mutlak diperlukan untuk komputasi perangkat seperti komputer yang diaktifkan dengan koneksi internet.

Menurut Webopedia.com definisi Firewall adalah sebuah sistem yang didesain untuk mencegah akses yang tidak sah ke atau dari jaringan pribadi (private network). Sedangkan menurut MTCNA definisinya adalah Firewall diposisikan antara jaringan lokal dan jaringan publik bertujuan melindungi komputer dari serangan, dan secara efektif mengontrol koneksi data menuju, dari dan melewati router.

Fungsi Firewall

1. Mengontrol dan Mengawasi Paket Data yang Ada di Dalam Jaringan

Secara teknis, program firewall merupakan sebuah program yang memiliki fungsi utama untuk melakukan proses pengamanan dan pengontrolan dari paket data yang masuk dan juga mengalir didalam setiap jaringan komputer. Apabila firewall pada sebuah jaringan diaktifkan, maka firewall akan menyeleksi dan juga memilah-milah paket data yang akan diakses.

2. Melakukan Proses Autentifikasi terhadap Akses di Dalam Jaringan

Proses autentifikasi ini merupakan proses di mana user harus memberikan password yang sudah tersimpan sebelumnya di dalam sebuah komputer atau jaringan, agar bisa menggunakan aksesnya. Apabila proses autentifikasi gagal, maka jaringan tersebut akan menutup dan tidak bisa digunakan.

3. Melakukan Recording dan Pencatatan dari Setiap Arus Transaksi yang Dilakukan pada Satu Sesi

Firewall juga memiliki fungsi teknis lainnya, yaitu sebagai recorder. Fungsi sebagai recorder ini maksudnya adalah firewall akan melakukan proses recording dari setiap transaksi yang sudah dilakukan di dalam jaringan tersebut. Itu artinya, firewall akan melakukan dan juga mencatat setiap aktivitas internet yang dilakukan oleh user di dalam sebuah jaringan.

Baca juga : Pengertian dan Jenis DSL (Digital Subscriber Line)

Manfaat Firewall

  1. Menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan.
  2. Mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan.
  3. Memodifikasi paket data yang datang di firewall.
  4. Akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk, dan lain-lain.

Prinsip dan Cara Kerja Firewall

Komputer memiliki ribuan port yang dapat diakses untuk berbagai keperluan. Cara kerja firewall pada komputer adalah dengan menutup port kecuali untuk beberapa port tertentu yang perlu tetap dibuka. Firewall dapat berupa perangkat lunak atau perangkat keras namun cara kerja firewall optimal bila kedua jenis perangkat digabungkan. Selain membatasi akses ke jaringan komputer, firewall juga memungkinkan akses remote ke jaringan private melalui secure authentication certificates and logins (sertifikat keamanan otentikasi dan login).

Nah itulah materi tentang seputar pengertian dan fungsi firewall serta manfaat dan cara kerja firewall pada sebuah jaringan komputer. Jika kalian ingin mengamankan jaringan pribadi kalian, maka cobalah cara diatas dengan memakai sebuah firewall.

Tinggalkan Balasan