4 Fakta Unik dan Menarik pada Bitcoin (BTC)

Sebelum kita membahas mengenai fakta unik dan menarik pada Bitcoin (BTC), terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang apa itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin (BTC)?

Bitcoin adalah mata uang digital, mata uang virtual atau aset kripto. Mudahnya, Bitcoin adalah uang yang tidak bisa kita sentuh secara langsung seperti Rupiah. Karena Bitcoin bekerja di sebuah jaringan yang menggunakan algoritma rumit.

meski Bitcoin tidak berbentuk seperti Rupiah dia tetap nyata dan ada. Hanya saja Bitcoin biasa digunakan untuk transaksi online di internet, mirip Gopay atau OVO. Wujudnya di dunia nyata tidak terlihat tetapi Bitcoin memiliki harga yang sangat tinggi di dunia nyata.

Wah, berapa ya harga Bitcoin jika dijadikan Rupiah?

Ternyata Bitcoin pernah menyentuh harga $20.000, kalau di rupiahkan maka lebih dari 2 Milyar! Ke depannya Bitcoin juga diprediksi akan memilki nilai yang makin tinggi.

Nah, Bitcoin atau disingkat BTC juga bisa menjadi alat transaksi di internet yang memudahkan orang untuk mengirim atau menerima uang melalui internet, bahkan kepada seseorang yang tidak kita kenal atau tidak percayai.

Bitcoin meski virtual tetapi ia tetap bisa dikonversikan ke mata uang tradisional seperti dolar, rupiah, dan lainnya. Makanya ketika kita mendapatkan kiriman Bitcoin, kita bisa menukarnya menjadi rupiah dengan cara withdraw.

Intinya Bitcoin bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari jika kita mengubahnya menjadi mata uang umum seperti Rupiah.

Baca juga: Apa Tren Teknologi Terbaru 2021?

Apa saja fakta unik dan menarik pada Bitcoin?

1. Bitcoin adalah Mata Uang Kripto Pertama

Bitcoin adalah mata uang digital pertama atau sekarang disebut dengan istilah cryptocurrency atau mata uang kripto, yang dibuat pertama kali oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto. Sosok Satosho Nakamoto ini masih misterius dan tidak ada konfirmasi yang akurat yang bisa menyatakan tokok ini benar-benar ada, atau hanya ciptaan fiksi belaka.

Bitcoin Anjlok 10% Imbas Diperiksanya Uang Libra Milik Facebook

2. Bitcoin Tidak Dikeluarkan oleh Pemerintah

Tidak seperti mata uang lain dalam suatu negara, bitcoin bukan alat tukar yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah atau badan perbankan manapun. Bitcoin dikeluarkan oleh sebuah organisasi yang memiliki otoritas yang terdesentralisasi. Nilai pasaran bitcoin sendiri sekarang sudah mencapai USD7 bilion atau setara Rp91 triliun.

3. Tidak Ada Bentuk Fisik yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Bentuk bitcoin tidak ada fisiknya, melainkan hanya berupa pencatatan digital yang disimpan dalam cloud. Semua transaksi memiliki riyawat yang detail dan terperinci di semua buku atau istilahnya open ledger.

Setiap akun bitcoin memiliki lapisan verifikasi yang tinggi dengan tehnologi canggih, sehingga satu orang dapat memilki bitcoin tanpa takut akan di hack, sehingga kerap disebut memiliki tingkat keamanan sistem military-grade.

4. Penggunaan Bitcoin

Di berbagai negara lain, bitcoin diterima sebagai salah satu alat tukar. Selain itu, banyak juga yang menggunakan bitcoin sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan dari selisih nilai beli dan nilai jual, layaknya berdagang valuta asing. Setahun terakhir saja, kenaikan nilai bitcoin mencapai 1,126%.

Di Indonesia, bitcoin dilarang digunakan sebagai alat tukar yang sah. Bank Indonesia menegaskan, bahwa virtual currency termasuk Bitcoin tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah, sehingga dilarang digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia. Dengan demikian, masyarakat harus menyadari bahwa bitcoin bukan merupakan alat transaksi yang sah.

Admin

Penulis artikel di pelajarfantasi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *