Cara Merubah Localhost Menjadi Domain di Windows

Merubah Domain Localhost Windows

Bagi temen-temen semua khususnya yang hobi ngoding dengan php mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata “localhost”. Ya, localhost merupakan domain default bawaan webserver. Jika teman-teman selesai menginstal webserver (misal: xampp, wamp, appserv, easyphp, dsb ) kemudian ingin mengetahui hasil installan web server di komputer kita berhasil atau tidak, pasti yang pertama kali yaitu mengisi address bar browser dengan “localhost”. Nah pernahkah anda punya keinginan untuk mengubah dengan nama lain biar seolah-olah kita benar-benar mengakses web dengan domain yang telah kita beli di jasa penyedia hosting?? Mungkin banyak orang sudah mengetahui trik ini, tapi saya rasa banyak juga yang belum tahu.

Jadi misal kita ingin aplikasi web yang telah di buat di localhost ketika mengaksesnya lewat browser bukan lagi http://localhost/ tetapi http://namadomain.com/ maka kita perlu menambahkan host ke server lokal di komputer kita. Dengan kata lain kita ingin membuat nama alias dari localhost.

Oke, langsung saja kita mulai.
Pertama buka Windows Explorer, kemudian akses alamat ini : C:\WINDOWS\system32\drivers\etc. Setelah dibuka maka akan menemukan beberapa file antara lain : host, lmhost, networks, protocol, dan services.

Edit file host pakai notepad++? atau file editor lain. Setelah dibuka akan muncul text default :

Kalian tinggal tambahin aja nama domain yang kalian mau dibawahnya

Setelah itu simpan atau Ctrl+S. Kemudian buka browser dan ketikkan domaingue.com maka akan diarahkan ke localhost kita :D.

Catatan : Setau saya tips ini berlaku hanya di windows, untuk linux triknya sedikit berbeda, tapi masih bermain table name server, pada file host juga.

Terima Kasih. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan