Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Terbaru

Koneksi internet yang lambat memang cukup membuat hati kesal. Nah pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara agar koneksi internet menjadi stabil khususnya pada android.

Ada banyak faktor yang membuat koneksi internet menjadi lambat. Diantaranya yaitu letak lokasi yang kurang memadai, kuota internet yang akan habis gangguan cuaca, dan lain sebagainya.

Disaat hal tersebut terjadi, biasanya provider tertentu akan menurunkan kecepatan akses internet. Tetapi, bagaimana jika kuotamu masih banyak dan lokasi tempatmu berada sebenarnya baik-baik saja?

Jika demikian, coba cek beberapa hal berikut supaya koneksi internet kamu berjalan dengan cepat dan lancar.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Terbaru

1. Menggunakan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN atau Virtual Private Network mungkin lebih dikenal sebagai alat untuk membuka sebuah situs yang diblokir oleh search engine. Tetapi, tanpa kita sadari ternyata aplikasi ini juga mampu dimanfaatkan untuk mempercepat koneksi internet yang lambat. Menggunakan aplikasi VPN pada Smartphone Android akan sangat membantu.

Kamu bisa mengunduh berbagai macam aplikasi VPN yang sudah banyak tersedia secara gratis di Google Play Store. Meskipun gratis, ada baiknya kamu tetap harus berhati-hati. Sebab menggunakan aplikasi VPN juga diketahui dapat memberikan dampak & risiko tersendiri bagi setiap penggunanya.

2. Mengunci Jaringan ke 4G Only

Ketika sedang menggunakan smartphone yang terhubung ke jaringan internet, kamu pasti sudah tahu bahwa ada status pada navbar yang menunjukkan kondisi jaringan kamu seperti 3G, atau 4G, atau bahkan 4G+. Tetapi, apakah kamu menyadari bahwa status jaringan ini terkadang berubah-ubah dan berpengaruh pada kecepatan Internet yang kamu gunakan?

Idealnya, jaringan 4G+ merupakan status jaringan tercepat yang bisa dinikmati secara luas saat ini. Tapi, masih banyak setelan default yang meletakkan 4G sebagai standar jaringan. Karena itu, kamu dapat mengunci jaringan pada 4G saja sehingga tidak berubah-ubah dan tidak memperlambat koneksi. Jaringan kamu juga akan lebih stabil dan nyaman ketika digunakan.

3. Menggunakan Ad-blocker

Kamu mungkin pernah melihat beberapa tampilan iklan saat sedang menggunakan browser di ponsel. Baik itu iklan dalam bentuk gambar, teks, video maupun penggabungan ketiganya. Iklan yang muncul secara otomatis ini juga dapat memperlambat koneksi internet di ponsel Androidmu. Pasalnya, iklan-iklan tersebut akan turut serta memakan data internet, sehingga situs yang kamu kunjungi akan menjadi lebih lama memuat data dan menjadi lebih lambat.

Akibatnya, koneksi internet pun menjadi semakin berkurang kecepatannya. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah aplikasi ad-blocker yang kini sudah banyak tersedia di Google Play Store. Kamu juga dapat menginstal browser tertentu yang sudah dibekali langsung ad-blocker, seperti Opera Mini, UC browser, dan lainnya.

4. Menghapus Cache atau Sampah

Koneksi internet yang lambat bisa disebabkan karena penumpukan cache di ponsel Android. Cache sendiri diartikan sebagai data sementara yang disimpan pada sistem penyimpanan internal pada ponsel pintar. Data cache ini berfungsi untuk mencatat semua aktivitas kamu ketika menggunakan sebuah aplikasi. Sehingga ketika kamu hendak mengakses aplikasi itu lagi, proses yang akan kamu lalui nantinya akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan saat kamu pertama kali menggunakan aplikasi tersebut.

Lalu bagaimana cara menghapus cache? Simak langkahnya berikut ini:

  • Gunakan aplikasi pembersih cache otomatis seperti Speed Booster, Clean Master, Nox Cleaner, atau lainnya.
  • Semua aplikasi tersebut bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store dengan mudah.
  • Cukup install satu aplikasi pembersih yang kamu pilih, buka aplikasinya, lalu tekan “bersihkan/clean”.
  • Setelah itu, tunggu beberapa menit sampai proses pembersihan cache selesai.

5. Tutup Aplikasi yang Sedang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tetap aktif atau sedang berjalan di ponsel Android merupakan tindakan yang sia-sia dan membuat baterai menjadi lebih boros serta membuang koneksi. Pasalnya, selain dapat memperlambat kinerja ponsel, hal ini akan membuat koneksi jadi lambat. Oleh sebab itu, sebaiknya tutuplah semua aplikasi yang tidak kamu gunakan terlebih dahulu sebelum beralih menggunakan aplikasi lain.

6. Menyalakan Fitur Data Saver

Buat kamu yang hobi browsing, sangat disarankan untuk menyalakan fitur Data Saver untuk mempercepat koneksi internet. Fitur ini memiliki fungsi untuk menghemat data internet agar tidak cepat habis, terutama di saat kamu sedang membuka situs yang memiliki banyak tampilan gambar.

Fitur Data Saver terlebih dahulu akan mengkompres gambar atau data lainnya pada browser menjadi ukuran paling kecil. Alhasil, proses memuat website akan menjadi lebih ringan dan koneksi internet menjadi lebih cepat.

Itulah beberapa cara sederhana untuk mempercepat koneksi Internet. Semoga dengan cara tersebut koneksi internetmu akan menjadi lebih lancar.

Admin

Penulis artikel di pelajarfantasi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *