Cara Mempercantik Email Autoresponders di Cpanel

Mempercantik email autoresponders cpanel

Sebelum masuk ke tutorialnya, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang apa itu SMTP.


Pengertian SMTP

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol pada jaringan internet yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.

Berbeda dengan IMAP atau POP3 yang keduanya merupakan protokol yang digunakan untuk menerima pesan email, SMTP memberi perintah untuk mengontrol negosiasi dan transmisi melalui koneksi data stream Transfer Control Protocol (TCP).

Ada 2 Port yang digunakan pada SMTP, yaitu port 25 (tanpa enskripsi) dan port 426 (port dengan SSL/TLS) atau nama lainya SMTPS.

Itulah beberapa pengertian dari SMTP, berikutnya saya akan memberikan tutorial tentang :

Cara Mempercantik Tampilan Email SMTP Autoresponders di Cpanel

Pertama, kunjungi situs codedmails.com untuk mengambil template yang akan kalian gunakan dalam Email Autoresponders. Disitu tersedia banyak pilihan template keren yang dapat kalian gunakan tanpa dikenakan biaya sepeser pun. Kali ini saya akan menggunakan template berikut ini.

Kedua, klik gambar template tersebut lalu kalian salin kodenya.

Ketiga, login ke Cpanel kalian dan scroll kebawah pada menu Email. Pilihlah Autoresponders lalu klik Add Autoresponders dan gunakan email yang telah kalian buat sebelumnya pada Cpanel.

Keempat, tempel kode yang telah kalian salin sebelumnya pada kolom paling bawah. Isikan sama seperti gambar berikut.

Jika semuanya sudah terisi lengkap maka kalian klik Create/Modify.

Sekarang saya akan mencoba mengetesnya apakah tampilan pesan dari email yang saya kirim telah berubah.

Dan benar saja pesan dari email yang telah saya kirim tadi telah berubah menjadi tampilan yang keren seperti gambar dibawah ini.

Itulah bagaimana cara mempercantik tampilan email SMTP Autoresponders di Cpanel, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan