Cara Install GNS3 di Windows 10 Terbaru

Cara Install GNS3 di Windows 10 Terbaru

Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara install GNS3 di Windows 10 untuk versi lama dan terbaru. Oke, terlebih dahulu saya akan membahas sedikit tentang apa itu GNS3.


Apa itu GNS3?

GNS3 adalah singkatan dari Graphic Network Simulator, jadi kegunaan aplikasi ini adalah melakukan simulasi topologi jaringan. Aplikasi ini dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X. Jadi kalau kalian tidak mempunyai router seperti router cisco kalian bisa belajar sintaksnya menggunakan aplikasi GNS3 ini.

Oke, langsung saja ke tahap penginstalan, sebelum itu kalian harus mendownload GNS3 versi terbaru terlebih dahulu. Untuk GNS3 versi terbaru bisa di download DISINI

Baca juga: Cara Konfigurasi ISO Linux Debian di VirtualBox

Cara Install GNS3 di Windows 10 Terbaru

1. Langkah awal penginstallan klik Next.

2. Klik I Agree pada tahap persetujuan lisensi.

3. Lalu kita membuat start menu folder, isi dengan GNS3 atau biasanya sudah tertulis jadi langsung Next saja.

4. Pada tahap Choose Components kalian pilih apa saja yang ingin kalian install sesuai dengan kebutuhan anda, lalu klik Next.

5. Pilih lokasi installannya, kalau ingin diubah klik browse, tapi kalau tidak langsung saja klik Install.

6. Setelah itu kita akan diminta menginstall Wincap. Tapi kalau kalian sudah menginstall Wincap bisa kalian abort saja prosesnya, jika belum klik Next.

7. Lalu klik I Agree untuk menyetujui lisensi WinCapnya.

8. Setelah itu klik Install.

9. Kalau sudah selesai klik Finish.

10. Setelah selesai menginstall WinCap, kalian akan menginstall Wireshark, nah pada tahap ini dibutuhkan koneksi internet karena setup GNS3 akan mendownload Wireshark. Tapi kalau di Komputer atau Laptop kalian sudah terinstall Wireshark kalian bisa melewati langkah ini dengan meng-klik Cancel.

11. Setelah itu kita akan menginstall Solarwind, dan sama seperti menginstall wireshark, proses ini juga membutuhkan koneksi internet.

12. Kalau sudah selesai menginstall solarwinds, maka tahap selanjutnya adalah installasi GNS3. Tunggu hingga selesai.

13. Kalau sudah complete klik Next.

14. Lalu akan keluar penawaran untuk mendapatkan lisensi solarwind gratis khusus pengguna GNS3. Pilih saja No, lalu Next.

15. Jika sudah selesai klik Finish. Kalau ingin langsung membukanya berikan ceklis pada Start GNS3.

16. Nah, seperti inilah tampilan GNS3 versi 1.5.2.

Itulah tahap-tahap untuk menginstall GNS3 di Windows 10. Jika ada kesalahan dalam tata penulisan mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan