3 Aplikasi Desain untuk Pemula Paling Direkomendasikan

3 Aplikasi Desain untuk Pemula Paling Direkomendasikan

Wajar sekali jika sekarang ini banyak yang ingin belajar desain. Ada yang belajar di sebuah kursus bahkan di universitas. Ada juga yang belajar secara otodidak. Bagaimanapun caranya, Anda harus cari aplikasi desain untuk pemula.


Mengapa? Setidaknya ada dua alasan. Yang pertama, aplikasi tersebut bisa dengan mudah untuk Anda pelajari. Yang kedua, banyak sekali tutorial yang bisa Anda ikuti. Lalu, aplikasi apa sajakah itu?

3 Aplikasi Desain yang Mudah Dipelajari

Sekarang ini, ada banyak sekali software aplikasi desain. Entah itu untuk komputer ataupun untuk android. Semuanya bisa Anda pilih sesuka hati. Namun, jika Anda serius sekali untuk menjadi desainer profesional, langkah awal juga harus dilakukan secara serius. Setidaknya Anda tahu aplikasi apa yang perlu Anda gunakan untuk membuat Anda melangkah ke arah menjadi desainer profesional.

Di sisi lain, aplikasi tersebut tidak sulit untuk Anda pelajari dan kuasai serta Anda juga bisa memilih diantara ketiga aplikasi berikut ini.

1. Photoshop

Siapa yang tak kenal Photoshop. Bahkan, sebelum ada belasan software desain, Photoshop ini sudah merajai. Para desainer dari dulu sudah menggunakan software yang satu ini.

Ada yang bilang mengoperasikan Photoshop itu tidak mudah. Sebenarnya, tidak mudah tersebut dikarenakan tutorial yang terbatas. Sekarang tidak lagi. Anda bisa melihat trik apapun di Youtube. Atau Anda juga bisa beli buku trik menggunakan semua fitur yang ada di Photoshop. Mudah sekali.

Mengapa aplikasi Photoshop? Dengan menguasai penggunaan fitur yang ada di software ini, hampir semua jenis desain bisa Anda lakukan. Anda bisa mengedit foto atau gambar, membuat banner, tipografi, desain logo, dan lain sebagainya.

Bahkan, yang sedang dicari sekarang ini adalah pembuatan konten media sosial. Nah, di sinilah Anda bisa mengandalkan Photoshop. Meskipun ini termasuk aplikasi desain untuk pemula, yang Anda bisa hasilnya bukanlah kelas pemula.

2. Corel Draw

Bisa dikatakan lawan terberat Photoshop dari dulu adalah Corel Draw. Sekitar 10 tahun yang lalu, desainer kalau tidak menggunakan Photoshop ya Corel Draw.

Kelebihan dari Corel Draw adalah Anda bisa membuat desain secara lebih custom. Jadi, jika Anda suka menggambar sesuai dengan imajinasi yang ada di otak Anda, software ini pantas untuk Anda gunakan.

Sayangnya, Anda harus siapkan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tinggi ya. Dibandingkan dengan Photoshop, Corel Draw termasuk software yang berat.

Baca juga: Daftar Software Untuk Membuat Aplikasi Android Secara Offline

3. Adobe InDesign

Dibandingkan dengan dua aplikasi desain untuk pemula sebelumnya, sepertinya tidak ada yang bisa mengalahkan Adobe InDesign, khususnya dalam hal kemudahan. Mengapa? Karena ada sistem drag and drop. Artinya, Anda bisa membuat desain dengan hanya memilih desain yang sudah tersedia. Dengan sedikit sentuhan, Anda bisa mengubah desain tersebut sehingga sesuai dengan yang Anda inginkan.

Adobe InDesign ini cocok sekali bagi Anda yang ingin membuat konten untuk media sosial, brosur, sampul majalah, kartu nama, dan sejenisnya. Biasanya software ini juga digunakan oleh para pebisnis yang bergerak di bidang digital printing dan juga digital agency.

Nah, kira-kira mana aplikasi desain untuk pemula yang akan Anda pilih? Satu hal yang pasti, Sebaiknya Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda ingin khusus untuk mengedit foto, sepertinya Photoshop yang paling tepat untuk Anda pilih. Lalu, pelajari hingga Anda benar-benar menjadi master dalam mengoperasikan Photoshop. Baru kemudian Anda bisa pindah mempelajari software yang lain.

Tinggalkan Balasan